Menu

Saturday, 5 July 2014

[Book Review] Touché by Windhy Puspitadewi



Judul Buku       : Touché 
Pengarang         : Windhy Puspitadewi
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 208 halaman
My Rating          : 5 of 5

(Semua gambar cover, identitas buku, dan blurb dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)


BLURB

Selain kemampuan aneh yang bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain lewat sentuhan, Riska memiliki kehidupan normal layaknya siswi SMA biasa. Tapi semua berubah sejak kedatangan Pak Yunus, guru pengganti, dan perkenalannya dengan Indra yang dingin dan Dani si juara kelas.

Riska kemudian diberitahu bahwa dirinya adalah touché alias orang yang memiliki kemampuan melalui sentuhan, seperti halnya Indra, Dani, dan Pak Yunus sendiri. Seakan itu belum cukup mengejutkan, Pak Yunus diculik! Sebuah puisi kuno diduga merupakan kunci untuk menemukan keberadaan Pak Yunus.

Dengan segala kemampuan mereka, Riska, Dani, dan Indra pun berusaha memecahkan kode dalam puisi kuno tersebut dan menyelamatkan guru mereka.


THE AUTHOR

Bernama lengkap Windhy Puspitadewi dan lahir tepat di hari Valentine (gampang diingat, jadi jangan lupa kadonya). Jika ingin tau novel apa saja yang pernah ditulisnya, silakan masukkan nama lengkapnya di paman Google. Sekarang sibuk bekerja sebagai abdi negara.
(Sumber: Website GagasMedia)


MY SUMMARY

Riska mengira kemampuan aneh yang dimilikinya hanyalah miliknya seorang. Memang benar, sampai akhirnya ia bertemu dengan tiga manusia lain yang memiliki kemampuan serupa. Ia, Indra dan Dani – yang juga murid di sekolahnya, serta Pak Yunus, guru pengganti di sekolahnya, memiliki kemampuan serupa melalui sentuhan, sehingga disebut sebagai kaum touché. Riska tidak pernah tahu ada bahaya yang mengejar mereka akibat kemampuan unik mereka itu, sampai akhirnya Pak Yunus diculik, mengharuskannya memecahkan teka-teki bersama Indra dan Dani, dan dihadapkan pada berbagai petualangan – yang kemudian mengajarkan mereka begitu banyak hal.


MY COMMENTARY

Satu kata, KECE! Ini novel kedua karya kak Windhy yang bertema fantasi. Sebelumnya, aku cuma pernah baca ‘Let Go’ dan ‘Seandainya’, yang temanya beda jauh sama novel ini dan Incognito. Sejak awal tau kalo novel-novelnya kak Windhy dicetul, aku langsung tertarik beli dan baca, karna awalnya novel-novel kak Windhy itu langka jadi susah nyarinya. Dan aku sama sekali nggak nyesel sekali pulang langsung buru-buru beli dan baca. Kayak Incognito, ini bukan teenlit biasa. Taulah stereotipe teenlit itu seperti apa – di Jakarta, bahasa gaul, anak remaja alay dan labil, adegan klise, dll – no offense. Sedangkan teenlit yang kusuka itu, emang tentang remaja dan bahasanya ringan, tapi alur ceritanya unik dan seru. Aku emang suka genre adventure dan fantasi, ternyata. Dan novel ini, sama Incognito juga, settingnya bukan di Jakarta, tapi di kota lain kayak Semarang dan Surabaya. Di sini juga ada Solo/Surakarta, lagi. Aku belum pernah ke sana, jadi ya, lebih menarik aja. Kalo Jakarta melulu, kan, bosan. Hehehe.

Aku suka alurnya yang menarik dan tertebak. Saat nulis review ini aku setengah mati berusaha untuk nggak jadi spoiler. Hehe. Yang jelas, endingnya sama sekali nggak tertebak, deh. Bukan cuma ending, malah – hampir setiap halnya. Aku suka teka-tekinya. Aku suka tokoh-tokohnya yang kece. Aku jelas #TeamIndriska! Kalo yang ini, bukan spoiler lah, ya, karna sebelum aku baca pun aku tau Indra bakal sama Riska. Hihihi. Dan aku juga tau aku bakal suka sama Indra <3

Pokoknya aku suka semua hal dalam novel ini. Genius banget, deh! Sama kayak Incognito, di novel ini nampak banget riset yang kak Windhy lakukan, makanya semuanya masuk akal. Walaupun ada beberapa typo, aku maklum, dan typo-nya malah bikin aku ketawa karna jadi lucu – ato karna selera humorku emang agak aneh, entahlah. Hehehe. Dan seperti biasa, karya kak Windhy jarang terlepas dari selera humor yang nyenengin. Pantesan dicetul! Ada sekuelnya, lagi! Aku jadi nggak sabar beli dan baca yang selanjutnya, walaupun nggak bersambung, sih, tapi berhubungan, ato setidaknya inti ceritanya sejenis. Aku yakin aku bakal suka. Pengalaman, kalo aku naruh ekspekstasi tinggi ke satu novel, cuma ada dua kemungkinan – terpenuhi bahkan terlampaui, ato malah jadi kecewa. FYI, yang bisa memenuhi bahkan melampaui ekspektasi tinggiku itu agak jarang, jadi selamat, ya, kak :p

Love the cover! Duh, beneran keren banget, deh. Pas baca, ada beberapa pertanyaan di benak, tapi beberapa udah terjawab, dan sisanya kelupaan. Susahnya jadi penderita ‘amnesia dadakan’ ini. Hahaha. Anyway, seperti biasa, blurb novel kak Windhy selalu menggambarkan inti cerita novelnya gitu, dan bikin penasaran setengah mati! Dan jelas puas banget setelah selesai baca. Dan seperti biasa, selalu ada pesan moral yang menyentuh tentang persahabatan dan cinta, dan romance-nya juga bikin klepek-klepek. Good job, kak! Love you! Keep writing, ya! <3

No comments:

Post a Comment