Menu

Friday, 4 July 2014

#11TanpaBatas 11 Buku GagasMedia yang WAJIB Dibaca?! SAY WHAT?


Before we start, SELAMAT ULANGTAHUN, GAGASAYANG!!!!!!!!!!! << iya, penting banget, kan, tanda serunya ada sebelas, karna emang ultah yang ke-11! 

Aku seneng banget aku lagi liburan di Indo pas ultahnya Gagas, karna penting banget aku bisa online 24 jam seharian ini. Kayak tahun lalu, Gagas kan, bagi-bagi buku! Dan lebih enak aja kalo nggak parah-parah amat LDR-nya #apasih. Tapi sayangnya, aku nggak online dari pagi karna tadi ujan+petir jadi modemnya terpaksa dimatiin supaya nggak rusak disamber petir #kokjadicurhat?

Aaaaaaaaaaaanyway (iya, hari ini serba 11), tantangan kali ini adalah (cieileh) menulis artikel tentang "11 Buku GagasMedia yang Wajib Dibaca". Kenapa tantangan? Jelas banget nggak, sih, letak susahnya dimana? Semua buku GagasMedia WAJIB dibaca! Terutama yang udah kubaca. Yang belum aja aku merasa wajib baca. Jadi gimana, dong? 

...
...
...
...
...
...
...
...
...
...
...


Here comes the looooooooooong sigh! Mau nggak mau harus diterima juga, kan, tantangannya? Siapa yang nggak mau 11 buku terbaru GagasMedia? Hahahahahahahahahahaha!

Oke, mari kita mulai. Sebelumnya harus mengerutkan dahi sambil mikir keras dulu. Perlukah aku bikin urutan mundur dari 11 sampe 1 sesuai tingkat ke-'wajib'-annya? Ah, itu akan jadi lebih susah, tapi lebih seru. Mari dicoba.

Aku jelas akan nulis ini sesuai buku-buku Gagas yang udah kubaca, biar alasannya lebih jelas. Ini kan, sebagai bentuk rekomendasi buat pembaca-pembaca lain di luar sana. Aku udah baca cukup banyak (banget) buku-buku Gagas, dan untungnya aku data (hampir) semua di Goodreads, jadi mari diubek-ubek sambil mikir keras. Seleksi ini lebih menegangkan dari pemilihan presiden yang akan datang! #apasih

Sebelumnya (ini kapan mulainya, ya?), aku udah tau nih, berdasarkan apa aku milih 11 buku di bawah ini. Beberapa alasan dasar:
1. Ditulis penulis favoritku
2. Begitu diinget, aku langsung seneng sendiri
3. Ceritanya terlalu membekas, dan inilah yang menjadi sebab nomor 2

Okay, okay, here we go.

11. Rate My Love by Cassandra dan Ela

(https://www.goodreads.com/book/show/15787405-rate-my-love)

Jujur aja, aku agak kaget aku milih novel ini. Tapi entah kenapa, sekali liat judul novel ini di list "read" Goodreads-ku, aku langsung masukkin ini ke dalam daftar. Sedikit sejarah tentang novel ini, jelas banget ini novel lama yang langka, dan aku beli ini pun karna harus beli sepaket supaya bisa dapet novel yang aku mau. Aku lupa waktu itu beli paket ini demi novel apa. Yang jelas, harganya jadi murah aja karna termasuk paket dari seller online book shop di FB. Aku sama sekali nggak ekspek ini jadi novel yang kunikmati. Aku inget aku cuma perlu beberapa jam buat nyelesain novel ini. Selain karna tipis, unexpectedly novel ini page turner banget. Romance comedy is always the best! I found this book very entertaining, jadi novel ini emang pantas masuk ke list, walaupun di nomor 11. Lumayan, kan, sebagai pembuka? Novel ini bukan cuma sekedar romcom menye-menye, karna bermoral lesson juga, dan plotnya bener-bener brilian. Sederhana, tapi menyentuh hati.

10. Always, Laila by Andi Eriawan

(https://www.goodreads.com/book/show/18161208-always-laila)

Novel ini juga surprisingly masuk list. Aku tau aku suka novel ini, tapi banyak banget novel Gagas lain yang juga aku suka. Kurasa, novel ini emang spesial. Sama kayak novel "Rate My Love" di atas, begitu liat judul novel ini di Goodreads, aku langsung tertarik macam magnet untuk masukkin novel ini ke list. Aku suka gaya menulisnya yang beda - mungkin karna ditulis oleh cowok. Romantisme dalam novel ini terasa berbeda, dan alurnya menarik. Terus latarnya lokal tapi penulis bikin jadi menarik banget. Bandung kuno gimana gitu. Berasa vintage, and I love it. Jelas banget kenapa novel ini repackaged.

9. Till We Meet Again by Yoana Dianika

(https://www.goodreads.com/book/show/11560776-till-we-meet-again)

Kalo yang ini, aku tau bakalan masuk list. Yang bikin novel ini spesial adalah rasa manis yang diciptakannya. Musik dan Wina. Kisah cinta manis dan masa lalu. Alur yang misterius dan tak tertebak. Karakter-karakter yang lovable. Ini novel kak Yoana yang pertama kali kubaca dan sejak baca novel ini aku jadi ngefans sama kak Yoana. Pokoknya aku suka! Jadi jelas wajib dibaca, dong!

8. Let Go by Windhy Puspitadewi

(https://www.goodreads.com/book/show/7363495-let-go)

Dulu, waktu jaman-jamannya aku tergila-gila sama novel yang full romance, aku jelas berekspektasi novel ini juga sejenis, tapi ternyata, novel ini lebih ke persahabatan. Ada sih, romance-nya, tapi sangat minim. Normalnya, aku kecewa, tapi ternyata, novel ini beda! Aku bener-bener tersentuh, dan sejak baca novel ini, aku jadi ngerti kalo novel kayak ginilah yang lebih worth to read. Pesan moralnya tinggi, dan menyentuh hati banget, deh! Ini novel kak Windhy yang kubaca dan aku langsung jadi fansnya! 

7. Melbourne: Rewind by Winna Efendi

(https://www.goodreads.com/book/show/17898650-melbourne)

Banyak yang suka novel ini, tapi banyak juga yang bilang, alur ceritanya biasa aja. Aku setuju. Tapi, itulah yang bikin kak Winna jadi penulis favoritku. Semua tulisannya emang beride sederhana, tapi somehow, selalu mengikat hati. Aku suka banyak hal dari novel ini. Musik, kisah dari masa lalu, cahaya, semuanya bikin novel ini jadi manis banget. Belum lagi ada kisah spesial di balik novel ini. Kalo kalian pernah baca postinganku untuk ultah Gagas tahun lalu (yang ini nih: 10 Buku GagasMedia Pilihanku), pasti tau kenapa. Intinya itu kado sweet 17th dari salah satu teman baikku, dan nggak disangka-sangka, jadi ya, makin spesial, deh. Terus waktu itu lagi kangen berat sama karya kak Winna, jadi pas bacanya seneng banget. Aku suka playlist novel ini. Dan karakter-karakternya seperti biasa lovable. Diksi kak Winna juga bener-bener menggugah hati. Pokoknya aku suka! Dan aku sengaja taruh novel ini di nomor 7 karna itu angka favoritku. 

6. Infinitely Yours by Orizuka

(https://www.goodreads.com/book/show/12224527-infinitely-yours)

Ini novel Gagas pertama yang kubaca, dan novel kak Ori yang pertama kali kubaca juga. Novel ini jelas spesial, karena sejak baca novel ini, aku jadi kecantol sama terbitan Gagas dan karyanya kak Ori. Dan yang bikin tambah spesial, novel ini bertema Korea! Bukan, aku bukan fans Korea. Aku bahkan agak "anti". Awalnya aku bahkan nggak niat baca karena temanya itu. No offense, loh, ya. Tapi kayaknya emang udah jodoh. Akhirnya setelah dibujuk-bujuk temen, aku pun penasaran dan coba baca. Dan ternyata, BAGUS! Terutama karena tokoh utamanya orang Indo, dan lovable banget! Terus kak Ori emang hebat, deh. Gaya ceritanya asyik dan kocak. Pokoknya seru banget bacanya. Ngakak terus sampe sakit perut! Ini yang bikin aku salut sama kak Ori. Udahlah bikin aku jadi mau baca novel Korea, bikin aku suka, lagi! Not an easy thing, FYI. Lol. Dan yeah, kak Ori jadi penulis favoritku <3

5. Hanami by Fenny Wong

(https://www.goodreads.com/book/show/15844617-hanami)

Satu hal tentang novel ini: tebal. Aku nggak tau aku suka novel tebal ato tipis, yang penting bagus. Tapi novel ini bukannya panjang dan membosankan. Bisa dibilang novelnya tebel karna tulisannya gede-gede, dan itu poin plus karna jadi lebih nyaman bacanya. Aku suka banget jalan ceritanya. Sama seperti novel lain yang kusuka, karakter-karakternya lovable, dan ini emang salah satu hal penting buatku. Alur dan konfliknya nggak tertebak, dan walaupun udah banyak novel berlatar di Jepang, novel yang satu ini bikin aku merasa kayak beneran lagi di sana. Suka, suka, suka! Manis banget, pokoknya <3


(https://www.goodreads.com/book/show/15865291-draf-1)

Haha, jelas aja di list ini ada lebih dari satu novel kak Winna, karna kan jelas, dia penulis favoritku. Aku bahkan susah payah milih novel/bukunya yang mana yang mau kumasukkin ke sini. Aku masukkin buku ini karna ini buku yang bikin aku langsung kebelet ke Gramed buat pergi beli. Dan jelas sangat puas! Aku emang mau jadi penulis, dan buku ini bener-bener memotivasi aku banget! 

3. Unbelievable by Winna Efendi

(https://d.gr-assets.com/books/1258361780l/7151857.jpg)

Yup, dari kak Winna lagi. Hehehehehehehehehehehe! Well, novel ini unik menurutku, walaupun lagi, ide ceritanya sederhana aja. Menurutku ini agak beda dengan novel kak Winna yang lain. Agak jarang sih, tokoh utama ceweknya kayak Maybella, dan novel bertema cerita yang ada clique-clique-nya gitu juga agak jarang buatku. Seru aja bacanya, lucu juga. Aku suka karakter utamanya, Mario-Maybella alis Mayrio! Ini novel lama yang langka lagi, jadi butuh perjuangan buat dapetinnya, dan pas baca, aku juga lagi kangen karya kak Winna, jadi berasa seneng banget!

2. Paris: Aline by Prisca Primasari

(https://www.goodreads.com/book/show/17212431-paris)

Novel seri Setiap Tempat Punya Cerita yang pertama, dan aku antusias banget sama seri ini. Aku langsung beli dari yang pertama ini, kado ultah ke17 dari adikku tersayang. Aku yang milih, sih, bukan karena dia tau aku mau novel ini, but still, I really appreciated it! Tipis, tapi cerita di dalamnya luar biasa! Mulai dari kovernya yang ijo keren (warna favorit), desain layout yang selalu kece seperti biasa (Gagas gitu, loh!), sampai ke isinya. Settingnya sih, umum banget, di Paris, tapi yang bikin novel ini beda, kak Prisca nampilin sisi yang berbeda dari Paris. Bukan melulu Eiffel Tower, tapi justru tempat-tempat unik dan aneh yang nggak pernah disebut (atau jarang lah, nggak tau juga) di novel lain. Terus, walaupun lovable, karakter-karakternya beneran unik. Bukannya Mr. and Ms. Almost Perfect, tapi justru karakter cewek dan cowok utama yang rada 'aneh' - dan itulah yang bikin unik. Novel ini romantis, tapi lebih ke petualangan dan kekeluargaan, gitu, deh. Pokoknya beda banget! Dan kerennya, kak Prisca cuma nulis novel ini dalam sebulan, dan ngakunya nggak banyak persiapan. Duh, penulis hebat emang beda, ya? Pokoknya suka, suka, suka, suka, suka, suka, suka, suka, suka, suka, suka!

1. The Truth about Forever by Orizuka

(https://www.goodreads.com/book/show/17841894-the-truth-about-forever)

Sebenernya, susah banget mau nentuin yang mana yang nomor satu. Lebih susah dari milih capres, serius! Lol. Dan nomor satupun jatuh ke novel ini, karena novel ini dari penulis favoritku, terus bukan sembarang novel. Novel lama yang langka, yang susah payah kudapatkan, terus tiba-tiba dicetul dan aku menang GA berhadiah novel berkover barunya, jadi yang kover lama yang susah payah kudapatkan aku kasih ke sahabatku. Still, aku seneng banget. Novel ini bukan novel romantis menye-menye, tapi ngajarin banyak hal - tentang cita-cita, forgiveness and love, serta kekeluargaan. Tokoh utama ceweknya mau jadi penulis, sedangkan tokoh cowoknya mau jadi pembuat film. Kurang apa lagi, coba? Itu dua hal yang aku cinta banget! Again, lovable characters. Sad and touchy ending, tapi aku bener-bener puas. Salut berat sama kak Ori! Dan makasih banyak, Gagas, karna bersedia cetul novel ini <3 


Nah, gimana sejauh ini? Not bad, kan? Not bad at all! Semoga artikel ini bikin kalian kebelet pipis, eh, ke Gramed ato toko buku mana aja untuk ngeborong novel rekomendasiku ini. Dijamin nggak akan nyesel! Tahun ini aku nggak sesemangat tahun lalu, karna tahun lalu itu ultah Gagas pertama buatku. Tapi don't get me wrong, jelas aku tetep semangat!!!!!!!!!!! Nggak perlu bukti lebih, kan? :p

Tahun lalu aku dapet 10 buku dari Gagas (sebelas, sih), dan aku berharap, tahun ini hoki dan dapat lagi. Berharap nggak salah, kan? Hehehehehehehehehehehe. Dan, oh.

ONCE AGAIN, HAPPY BIRTHDAY GAGASAYANG! 11 TANPA BATAS! STAY AWESOME! I LOVE YOU TANPA BATAS! <3 <3


Sekian dan terima kasih.


Love,



Me

No comments:

Post a Comment