Menu

Sunday, 25 May 2014

[Book Review] With You by Orizuka and Christian Simamora


Judul Buku       : With You
Pengarang          : Christian Simamora dan Orizuka
Penerbit            : Gagas Media
Jumlah Halaman : 316 halaman
My Rating          : 4 of 5

(Semua gambar cover, identitas buku, dan blurb dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)


BLURB

365 hari dalam setahun,
24 jam dalam sehari.
Di antara semua waktu yang kita punya,
kau sengaja memilih hari itu.
keluar dari mimpi indah,
lalu hadir dalam hidupku...
sebagai cinta yang selama ini aku tunggu.

WITH YOU adalah Gagas Duet, novella dari dua penulis GagasMedia: Christian Simamora dan Orizuka. Keduanya mempersembahkan dua cerita cinta yang menemukan takdirnya dalam satu hari saja. 


THE AUTHORS

Okke Rizka Septiana, gadis penggemar thriller yang senang mempelajari berbagai bahasa asing ini lahir di Palembang dan besar di Cirebon. Selain menulis, di waktu luang ia gemar membaca, menonton, mendengarkan musik serta fangirling bersama Kpoppers. Karya-karyanya antara lain: "Me & My Prince Charming", "Summer Breeze" (repackage: That Summer Breeze), "Duhh... Susahnya Jatuh Cinta...!" (repackage: Meet The Sennas), "Miss J" (repackage: Call Me Miss J), "High School Paradise", "Fight for Love!", "Love United: High School Paradise 2nd Half", "The Truth about Forever", "17 Years of Love Song", "The Shaman", "FATE", "Our Story", "I for You", "With You", "Best Friends Forever", "The Chronicles of Audy: 4R", "Oppa and I", "Oppa and I: Love Missions", "Oppa and I: Love Signs", "Infinitely Yours".

Chirstian Simamora, penggemar Meg Cabot, Johanna Lindsey, dan Candace Bushnell. Bisa hidup hanya dengan menu telur setiap hari. Berharap bisa berubah-ubah bentuk jadi orang lain seperti Mystique dan Minky Momo. Penonton setia serial kriminal dan sitkom. Pembeli impulsif topi. Gampang terpesona dengan apapun yang bermotif leopard. Bisa makan makanan pedas, tapi perutnya nggak kuat. Takut hantu dan suara-suara mencurigakan. Masih rajin mengecek nama sendiri di search engine dan Twitter. Novel-novelnya: "Jangan Bilang Siapa-Siapa", "Boylicious", "Kissing Me Softly", "Macarin Anjing", "Coklat Stroberi", "Shit Happens", "Pillow Talk", "Good Fight", "With You", dan "All You Can Eat".

(Sumber: Website GagasMedia with a bit of modifications)


MY SUMMARY

Novel ini diawali dengan kisah Cindy dan Jere (ditulis bang Chris), dua model terkenal yang baru aja saling mengenal dan menghabiskan satu hari bersama untuk mengobrol. Dari awal, keduanya udah saling tertarik, dan dalam satu malam, keajaiban cinta terjadi. Kisah berlanjut ke Lyla, sepupu Cindy. Jadi, awalnya Cindy dan Lyla sedang ketemuan di kafe dan mengobrol, lalu salingc curhat, deh. Lyla, (ditulis kak Ori), yang baru putus dengan kekasihnya karna merasa kurang cocok, dipertemukan kembali di saat keduanya sedang berusaha keras melupakan satu sama lain. Dalam satu hari yang penuh kejadian tak disangka-sangka, mereka menyadari kalau mereka masih saling mencintai. Inti dari With You emang cerita tentang satu hari penuh bersama seseorang yang disayangi.


MY COMMENTARY


How I love GagasDuet. Keunikan dari sebuah novel yang ditulis oleh dua atau lebih penulis adalah, pembaca mendapat dua jenis tulisan. Dalam arti, dua tulisan dengan gaya menulis yang berbeda. Setiap penulis memiliki gaya menulis masing-masing, yang tentunya berbeda satu dengan yang lainnya. Jika dalam satu novel ada dua jenis gaya menulis, jelas membacanya menjadi lebih menyenangkan dan nggak membosankan.

Bang Chris dan Kak Ori. Baru tau nama penulisnya aja udah kelihatan kalau novel ini bakal punya dua gaya menulis yang sangat berbeda. Biasanya, gaya menulis antara penulis cowok dan cewek lebih menonjol, terutama dua penulis ini. Bang Chris lebih sering nulis kisah cinta yang cenderung dewasa. Topik yang diangkat dan gaya bahasa yang digunakan lebih bersasaran ke pembaca adult. Ada adegan-adegan dewasanya, dan yeah, hate to admit, aku lebih suka kisah kak Ori, karna ya, bukan cuma karna dia penulis favoritku. Aku juga suka karya bang Chris, kok. Idenya selalu kece-kece. Tapi ya, terlalu dewasa untukku, if I can say.  Karya kak Ori lebih cocok sama aku, karna topik dan bahasa yang dipakai ringan, cocok sama kalangan remaja atau umum. 

GagasDuet yang ini emang beda sama yang lain. Lebih ke novella, sih, daripada novel, karena dua kisah yang berbeda, tapi berhubungan. Bahasa yang dipakai sama-sama komunikatif. Ide ceritanya sama-sama keren, tapi ya, alur kak Ori lebih rumit, sih. Dan kalau boleh jujur, lebih seru dan lebih sweet juga. Untuk pendalaman karakter, dua-duanya hebat, walaupun cara yang digunaka totally different, but  I like them.

Dapat dilihat bahwa kedua kisah yang dirangkum dalam satu buku karya dua penulis hebat ini sangat berbeda. Tapi, perbedaan itulah yang membuat buku ini menarik. Recommended! Like, whoa, I love you both! Keep writing!

2 comments:

  1. dua-duanya memang punya ciri khas tersendiri yaaa... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Nampak jelas di novel ini :3

      Delete