Menu

Saturday, 26 April 2014

[Book Review] Truth or Dare by Winna Efendi and Yoana Dianika


Judul Buku       : Truth or Dare
Pengarang         : Winna Efendi dan Yoana Dianika
Penerbit           : Gagas Media
Jumlah Halaman : 304 halaman
My Rating          : 4 of 5

(Semua gambar cover, identitas buku, dan blurb dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)


BLURB

LONG TIME NO SEE
Suaramu seperti embusan udara segar saat terdengar di gagang telepon. Apa kabarmu, Teman? Semoga waktu memperlakukanmu dengan baik. Oh ya, tentu saja aku juga kangen padamu. Bahkan sampai detik ini, kau selalu ada di speed dial handphone-ku—dan juga hatiku.

MISS YOU LIKE CRAZY
Banyak yang ingin aku ceritakan padamu saat bertemu nanti. Tentang teriknya matahari, tentang indahnya rembulan. Tentang ceritaku yang terjadi di antaranya.

WISH YOU WERE HERE
Tahukah kamu, sampai kau kembali lagi, akan selalu ada dua kursi di teras rumahku? Dan setiap sore, aku duduk di sana, membaca buku dan menunggu. Aku ingin, saat kau datang nanti, akulah orang yang pertama kali kau temui. Yang berlari ke arahmu sambil memekik senang.

Menjadi orang pertama yang akan memberimu pelukan selamat datang....


TRUTH OR DARE adalah Gagas Duet, novella dari dua penulis GagasMedia: Winna Efendi dan Yoana Dianika. Keduanya mempersembahkan cerita pahit manis sebuah persahabatan.


THE AUTHORS

Winna Efendi, lahir di Jakarta, 1986, di bawah naungan zodiak Capricorn. Senang menulis dalam lembaran buku tulis lama hingga akhirnya bergabung dengan sebuah komunitas penulisan online. Novel pertamanya berjudul Kenangan Abu-abu, diterbitkan awal 2008. Ai adalah buku keduanya. Sekarang ini, Winna bekerja di bidang keuangan, serta menjadi kontributor di beberapa majalah online. Waktu luangnya dihabiskan untuk menikmati tumpukan DVD jadul, buku-buku yang tak pernah habis dilahap, dan menulis.
(Sumber: Website GagasMedia)

Yoana Dianika, terlahir sebagai anak kedua dari tiga bersaudara dengan tanggal dan bulan yang kebetulan sama seperti Jay Chou dan Minzy (2NE1), 18 Januari. Seorang dreamer yang memiliki banyak keinginan untuk dicapai, salah satunya menjadi seorang penulis yang memiliki karya tak terlupakan (amin). Saat ini, sedang menempuh pendidikan di Sastra Jepang Universitas Airlangga Surabaya. Menyukai seni dan hal-hal yang berhubungan dengan foto candid. Juga sedang mencoba menyelesaikan beberapa buku (amin).
(Sumber: Website Bukune


MY SUMMARY

Persahabatan dan cinta. Agak sulit jika disuruh memilih salah satu di antaranya. Kebayakan orang mungkin akan memilih“persahabatan”, namun kenyataannya, lebih banyak yang memilih “cinta” tanpa sadar. Begitu pula yang dialami Catherine dan Alice. Di saat Alice lebih memilih “persahabatan”, sahabatnya malah memilih “cinta”.

Novel ini mengisahkan dua orang sahabat, Alice dan Catherine. Mereka udah bersahabat lama, dan persahabatan yang mereka jalin ini sangat kuat. Lalu, datang murid baru di kelas mereka, Julian. Dan tiba-tiba saja, gelembung antara Catherine dan Alice diinterupsi oleh si cowok baru itu. Mereka sama sekali nggak keberatan, maka terbentuklah rantai baru - persahabatan antara Al-Cat-Julian.

Ada yang bilang, cowok dan cewek mustahil untuk bersahabat. Pernyataan itu terkadang benar. Well, itulah yang terjadi di antara Al, Cat dan Julian. Al suka sama Julian, tapi Julian malah suka sama Cat. Dan rupanya, perasaan Julian itu nggak bertepuk sebelah tangan. Cat juga suka sama Julian. Typical triangle love. Al yang menyadari chemistry di antara Julian dan Cat memilih mundur dan membiarkan mereka pacaran. Awalnya, segalanya berjalan mulus. Persahabatan mereka masih tetap erat seperti biasa, hingga suatu malam, ketika Julian sedang berkabung dan memerlukan Cat di sisinya, tapi yang hadir hanyalah Al, karna Cat sedang berhalangan. Dan sebuah kecelakaan pun terjadi, membuat putusnya hubungan antara Cat dengan Julian, juga persahabatannya dengan Al.

Tetapi, ada juga yang bilang, persahabatan sejati nggak mudah retak, bukan begitu? Sayangnya, yang terjadi pada Al dan Cat sedikit mengenaskan. Ketika keretakan di antara persahabatan mereka hampir pulih, ada aja sesuatu yang menghalanginya, dan membenarkan pepatah yang mengatakan “Penyesalan datang terlambat”. Julian pun merasakan hal yang sama.

MY COMMENTARY

Kisah persahabatan yang sangat menyayat hati. Novel ini lebih menekankan sisi persahabatan daripada romance (jujur aja, awalnya aku berharap ini novel romance, jadi rada kecewa),  tapi tetap aja bagus. Ini duo dari dua penulis favoritku! Masuk seri GagasDuet, yang berarti kolaborasi antara dua penulis. Sangat menyenangkan, karena kita bisa menikmati karya brilian dari dua orang sekaligus, dengan gaya menulis yang berbeda.

Kak Winna mengambil sudut pandang Alice, sedangkan kak Yoana mengambil sudut pandang Catherine. Keduanya sangat mendalami karakter yang mereka pegang. Karena masing-masing penulis fokus pada karakter yang dipegang, tokoh yang tercipta pun unik dan sangat hidup. Terasanya seperti mereka yang sedang bercerita. Pendeskripsian latarnya juga keren. Menyenangkan sekali bisa membayangkan suasana pantai seakan aku juga ikut berada di sana. Pemilihan katanya juga menakjubkan, membuatku mengikuti arus cerita dengan senyum dan tetesan air mata. Kerasa banget perbedaan gaya menulis mereka, dan aku suka keduanya!

Covernya yang berwarna biru sangat menggugah hati, dengan gambar ombak yang sesuai dengan latar dalam novel. Desain layoutnya juga mengagumkan, seperti biasa. Recommended! Walaupun bukan favorit, mungkin karna masih sedikit kecewa karna aku naruh ekspektasi yang terlalu tinggi buat novel ini, tapi tetep aja, keren bo! Novel ini hadiah dari Yes24 waktu aku pertama kali ikut "Sayembara Resensi Buku"-nya, dan langsung menang, so, novel ini spesial. Well done for both of you, kak. You still impressed me! Keep writing!

2 comments:

  1. Covernya memang cantik, biru-biru manis, warna favoritku.... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cover novel gagas emang selalu kece ya kak :3

      Delete