Menu

Saturday, 29 March 2014

[Book Review] Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu by Winna Efendi


Judul Buku        : Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu
Pengarang          : Winna Efendi
Penerbit            : Gagas Media
Jumlah Halaman : 356 halaman
My Rating          : 5 of 5

(Semua gambar cover, identitas buku, dan blurb dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)


BLURB

Menulis itu susah? Banget.
Terutama kalau kita nggak punya komitmen kuat dan disiplin untuk itu.

Truth to be told, menulis itu gampang-gampang susah. Terkadang terasa mudah dan menyenangkan, apalagi jika ide mengalir selancar air. Namun, menulis juga dapat terasa sulit karena tanpa teknik yang benar dan loyalitas untuk kembali ke halaman-halaman yang belum rampung, tulisan kita akan terus tidak selesai atau menjadi sebaik yang kita inginkan.

Selama ini, banyak sekali teman yang bertanya kepada saya:
  • Gimana sih, caranya menulis fiksi yang enak dibaca?
  • Bagaimana caranya menciptakan konflik yang nggak klise?
  • Gimana caranya menulis cerita dari awal sampai akhir?
  • Ceritaku mandek dan nggak kelar-kelar, gimana ya supaya aku bisa menyelesaikannya?
  • Bagaimana cara mengirimkan naskah ke penerbit, dan apa yang bisa kita lakukan supaya naskah tersebut 'dilirik'?
  • Lalu, prosedur penerbitannya bagaimana?

Bagi kalian yang ingin tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, well, this book might be the one for you.

Dan, mari bersama-sama menikmati proses menyenangkan menulis naskah fiksi pertamamu.


THE AUTHOR

Winna Efendi, lahir di Jakarta, 1986, di bawah naungan zodiak Capricorn. Senang menulis dalam lembaran buku tulis lama hingga akhirnya bergabung dengan sebuah komunitas penulisan online. Novel pertamanya berjudul Kenangan Abu-abu, diterbitkan awal 2008. Ai adalah buku keduanya. Sekarang ini, Winna bekerja di bidang keuangan, serta menjadi kontributor di beberapa majalah online. Waktu luangnya dihabiskan untuk menikmati tumpukan DVD jadul, buku-buku yang tak pernah habis dilahap, dan menulis.
(Sumber: Website GagasMedia)


MY SUMMARY

Um, kayaknya nggak perlu, deh. Intinya udah disebutin semua di blurb-nya ((: Semua yang perlu kamu tau untuk jadi seorang penulis ada di sini (menurutku). 


MY COMMENTARY

Kak Winna itu penulis favoritku. Membaca itu hobiku. Dan menulis itu passionku. Jadi, bagaimana mungkin aku nggak langsung nyerbu toko buku begitu tau penulis favoritku nulis buku tentang menulis? Yup, begitu tau buku ini  udah terbit dan tersebar di toko buku, aku langsung lari terbirit-birit ke Gramedia dan membeli buku ini (literally? Sort of). Dan benar sesuai dugaanku, buku ini JLEB banget! AMAZING! Sesuai banget sama kebutuhanku sebagai calon penulis. Selama membaca buku ini, aku merasa semangat menulisku tersulut.

“Menulis itu susah? Banget.” Aku setuju banget sama kak Winna. Ada yang bilang, menulis itu mudah, cumu bermodal tekad, banyak membaca, dan banyak latihan. Tapi, kalau nggak didukung sama komitmen yang kuat dan disiplin yang tinggi, sama aja nggak bakalan tercapai (terinspirasi kak Winna).

Truth to be told, menulis itu gampang-gampang susah. Terkadang terasa mudah dan menyenangkan, apalagi jika ide mengalir selancar air. Namun, menulis juga dapat terasa sulit karena tanpa teknik yang benar dan loyalitas untuk kembali ke halaman-halaman yang belum rampung, tulisan kita akan terus tidak selesai atau menjadi sebaik yang kita inginkan.” Lagi-lagi, aku setuju dengan pernyataan kak Winna. Di buku ini, kak Winna berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasanya nangkring di kepala-kepala calon penulis, seperti yang dicantumkan di blurb.

Pokoknya, buku ini benar-benar recommended buat kalian yang pengen jadi penulis, terutama penulis fiksi. Berguna banget! Buku ini sanggup memberikan berbagai ilmu untuk kita, sekaligus motivasi untuk terus menulis dan memperjuangkan cita-cita kita. Terus, buku ini dilengkapi dengan desain layout yang sangat menarik. Ada ilustrasi-ilustrasi yang lucu, quotes yang menginspirasi, dan lain-lain. Jadi makin semangat, deh, bacanya! Covernya juga nggak kalah menarik. Judulnya yang ditulis besar-besar, membuat pembaca (terutama aku) udah bisa mengenalinya dari jauh. Setiap kali melihat cover buku ini, semangatku selalu menggebu-gebu!

Buku ini nggak direkomendasikan untuk dibaca sekali, tetapi berulang-ulang kali. Dan lebih baik lagi kalau kalian memilikinya sendiri, supaya bisa dibaca sesering yang kalian mau, dan menjadi referensi ketika menulis. Hai, para calon penulis, buku ini ditulis dan diterbitkan untuk kamu! Thanks a lot, kak Winna. I love you! Keep writing!

2 comments:

  1. Aku penasaran ama buku ini, pengen tahu tips Kak Winna produktif menulis, siapa tahu ilmunya tertular ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, buruan baca deh kak. Habis baca pasti dapet pencerahan dan semangat nulisnya kebakar xD

      Delete