Menu

Wednesday, 26 February 2014

[Book Review] The Chronicles of Audy #1: 4R by Orizuka


Judul Buku       : The Chronicles of Audy: 4R
Pengarang          : Orizuka
Penerbit            : Penerbit Haru
Jumlah Halaman : 320 halaman
My rating          : 5 of 5

(Semua gambar cover, identitas buku, dan blurb dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)


BLURB

Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.
Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!
Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu.
Jadi sekarang, di sinilah aku berada.
Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.
Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!
Terdengar klise? Mungkin, bagimu. 
Bagiku? Musibah!
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet.
Kronik dari seorang Audy


THE AUTHOR

Orizuka (nama asli Okke Rizka Septania) adalah pengarang novel remaja yang telah menghasilkan 18 karya. Satu di antaranya yaitu Summer Breeze telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2008. Lahir di Palembang 26 tahun silam (nggak tau sekarang), penggemar thriller ini senang mempelajari bahasa asing. Selain menulis, di waktu luang ia gemar membaca, menonton, mendengarkan musik serta fangirling bersama para Kpoppers.
(Sumber: website Penerbit Haru)


MY SUMMARY

Audy, mahasiswa UGM yang dikit lagi lulus, tinggal skripsi aja. Tapi, keadaan ortuanya yang nggak memungkinkan maksa dia kerja demi melangsungkan hidup dan kuliahnya. Dia dapat kerja di rumah 4 bersaudara, semuanya cowok. Awalnya, dia nandatangin kontrak buat jadi babysitter anak paling kecil, tapi karna nggak dibaca bener-bener, dia jadi harus ngurus rumah dan ngerjain berbagai macam urusan rumah tangga, kayak pembantu. 

4R itu inisial keempat bersaudara yang tinggal di sana: Regan, Romeo, Rex, dan Rafael. Keempatnya punya karakter beda-beda. Awalnya, Audy frustasi ngurusin mereka. Tapi, lama-lama, dia jadi enjoy aja. Pelan-pelan dia nemuin cara buat ngatasin masalah-masalah yang dia hadapin, dan semakin kenal sama empat cowok itu.

Suatu hari, ortunya Audy ngunjungin dia dan akhirnya ketauan Audy kerja, dll, dan mereka nggak setuju. Keuangan mereka udah membaik dan Audy disuruh berenti kerja. Nah, apa keputusan akhir Audy? Let's not spoil it here ((:


MY COMMENTARY

Ini salah satu novel dari kak Ori yang jadi favoritku! Kak Ori selalu berhasil bikin cerita-cerita simpel jadi super duper keren! Contohnya, ide novel ini kan simpel aja, tapi kak Ori bumbuin dengan konflik-konflik unik di sana-sini plus tokoh-tokoh yang lovable, dan voila! Jadilah novel yang kece ini! Nilai moral dan kekeluargaannya juga ada, dan sangat menyentuh hati! Kak Oriz berhasil nyajiin kisah ringan yang super kocak, tapi penuh makna dan pesan moral juga. 

Kelima tokoh utamanya seriously lovable! Aku suka semua, walaupun favoritku Rex, sih. Kenapa? Well, kalo udah baca pasti tau, deh, kenapa. Rex ini juga jadi favorit banyak pembaca. Hahaha! The thing about the characters is, mereka bener-bener nyata. Setiap tokoh punyalatar belakang yang detail dan sifat unik yang tergambarkan dari tiap aksi dan omongan mereka. Masing-masing tokoh seakan mengisahkan cerita mereka sendiri. They’re really alive.

Settingnya emang nggak wow, cuma di Jogja aja, tapi emang bukan itu  fokusnya. Novel lokal yang bikin cinta produksi negri sendiri! Covernya juga unyu banget! Ada gambar Audy-nya yang cartoonish, terus pinggiran kertasnya warna pink bergliter. Ada 5 jenis bookmarks yang gambarnya beda-beda sesuai masing-masing tokoh. Keren! Aku dapat bookmark-nya Rafa, padahal pengen banget dapat Rex )): Pengen koleksi semua!

And the good news is, ini novel berseri! Jadi, bisa dapat bookmark jenis lain di seri berikutnya #salahfokus. Hahaha. Jelas yang ditunggu ya, kelanjutan kisah kocak si Audy. Katanya sih, yang selanjutnya terbit tahun 2014. Yayayay, can't wait!

Recommended! Buat buang penat dan lari dari kenyataan hidup yang berat (((: Aku baca ini cuma beberapa jam aja, dan sekali beli langsung dibaca habis! Hehehe. Good job, kak Ori. You did it again! You'll always be my favorite. Keep writing!

2 comments:

  1. Uwooowww...makin banyak aja yang bilang buku ini bagus, jadi makin penasaran nih... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jamin nggak akan nyesel kak baca novel ini xD

      Delete