Menu

Friday, 5 July 2013

[unforgotTEN GagasMedia] 10 Buku GagasMedia Pilihanku


Dalam rangka memperingati HUT ke-10 GagasMedia, para penulis, editor, dan tim Gagas lainnya membuat list 10 buku Gagas pilihan mereka. Aku juga nggak mau kalah! 

(https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10151729378668980&set=a.484437473979.288648.51708988979&type=3&theater)

Sebagai pembaca dan calon penulis (tsah!), inilah 10 buku Gagas Media pilihanku.

1. INFINITELY YOURS by Orizuka


Novel GagasMedia yang pertama kali kubaca. Tadinya, aku nggak pengen baca novel ini, karna bertema Korea (bukan apa, aku bukan penggemar Korea). Tapi, akhirnya kubaca juga, karna temen-temenku bilang bagus, jadinya aku penasaran. Dan ternyata emang bener! Bagus! Walaupun settingnya di Korea, tapi kak Orizuka berhasil membuatku takjub dengan negara yang kurang kusukai itu. Dia menampilkan tempat-tempat yang unik dan menarik. Selain itu, untungnya kedua tokoh utamanya orang Indonesia, dan nggak terlalu banyak bahasa Koreanya. Terus, romantis dan kocaknya novel ini juga sangat enjoyable. Desain layoutnya juga nggak kalah menarik. Sejak membaca novel ini, aku jadi fans beratnya kak Orizuka, dan tentu saja, GagasMedia.

2. REFRAIN by Winna Efendi


Novel kak Winna Efendi yang pertama kali kubaca. Dari covernya aja udah menarik. Aku membaca novel ini atas rekomendasi temen baikku. Dia bilang bagus banget, jadi kubaca. Dan dia bener. BAGUS BANGET! Ceritanya emang simpel, tentang cinta dan persahabatan, tapi inilah yang kusuka dari kak Winna. Dia bisa menyulap ide cerita apapun jadi sesuatu yang fresh dan menarik. Pantesan novel ini difilmkan (speaking of which, filmnya juga kece, loh! See my review here. Tapi jujur aja, aku tetap lebih suka novelnya).

Satu ciri khasnya kak Winna itu gaya bahasanya, yang dalem dan menyentuh. Sejak baca novel ini, aku jadi fans beratnya kak Winna. Aku lanjut baca semua novelnya: "Ai", "Remember When", "Unforgettable", "Truth or Dare", "Draf 1", "Unbelievable" dan "Melbourne: Rewind" (emang belum semua sih, tapi on the way! ). See my review here

3. DRAF 1: TAKTIK MENULIS FIKSI PERTAMAMU by Winna Efendi


Ini novel GagasMedia yang pertama kali kubeli, dan juga buku nonfiksi dari GagasMedia yang pertama kali kubaca. Aku beli buku ini karna aku pengen banget jadi penulis. Pas banget, kan, buku ini tentang menulis, dan ditulis sama penulis favoritku, lagi! Jadilah aku langsung ke Gramedia dan membeli buku ini, terus langsung kubaca sampai habis hari itu juga. Isinya? Benar-benar bermanfaat! Aku jadi terinspirasi dan termotivasi untuk terus menulis. Doakan aku, ya!

4. LIFE TRAVELER by Windy Ariestanty


Ini buku GagasMedia yang pertama kumiliki. Beda loh, sama yang di atas. Yang di atas kan, buku yang pertama kali kubeli. Kalau ini, buku yang pertama kali kumiliki (Iya, bukan beli sendiri. Ceceku yang kasih). Sayangnya, buku ini belum sempat kubaca. Tapi, aku yakin buku ini bagus, karna dari GagasMedia, ditulis kak Windy, terus tentang travelling, lagi (aku suka!). Semoga aku bisa segera membacanya (maklum, timbunan bukuku masih numpuk).

5. I FOR YOU by Orizuka


Satu lagi karya kak Ori yang menakjubkan. Novel ini novel Gagas pertama yang bikin aku nangis. Ceritanya emang simpel, romance-nya anak remaja, tapi berhasil kak Ori sulap jadi sesuatu yang unik. Menggunakan penyakit yang unik, dan menumbuhkan konflik yang rumit. Aku benar-benar suka! Terus karakter Benji dan Surya, so sweet banget! Dan Bulan yang hobi manah, aku suka!

6. MELBOURNE: REWIND by Winna Efendi


Satu lagi karya kak Winna yang bikin aku megap-megap. Aku suka keseluruhan novel ini. Mulai dari setting yang dipilih (aku suka Melbourne, karna ada di Aussie, aku mau kuliah ke sana, tapi sayangnya bukan Melbourne. Doain aja aku bisa mampir ke sana!), terus tokohnya, dan segala seluk beluk tentang mereka. Cahaya dan musik, I always love them. Max dan Laura, tokoh utama novel ini, benar-benar lovable! And somehow, mereka itu kayak gabungan dari aku. Suka cahaya, musik, terus pekerjaan Laura yang sama kayak pekerjaan impianku (penyiar radio, penulis, penerjemah, dll). Mereka juga suka nonton di bioskop, sama kayak aku. Tapi bedanya, aku nggak suka (benci banget, malahan) sama film slasher yang mereka cinta mati itu. Ah! Pokoknya novel ini kece banget deh! Desain layout dan covernya juga! Belum lagi post card-nya. Lovely!

Satu hal lagi yang spesial dari novel ini, novel ini salah satu hadiah sweet 17th-ku. Kado yang telat, sih. But still, a surprise. Jadi ceritanya, aku habis nonton bareng temen-temenku, terus jalan-jalan ke Gramedia. Novel Melbourne ini baru masuk ke Gramed kotaku, jadi ada satu temenku yang pengen beli. Aku juga pengen banget beli, udah kutunggu-tunggu dari kapan hari, cuma aku lagi krisis uang, jadi ya, aku tunda dulu, deh. Ada satu lagi temenku, yang keliatannya tertarik sama novel ini. Dia nanya aku, bagus nggak, tentang apa, dll. Aku jelasin dengan semangat, sampai dia bingung kenapa aku nggak ikutan beli aja, jadi ya, kujelasin kendalanya. Akhirnya, temenku ini beli novel ini. Aku jadi bangga, merasa berbakat jadi sales novel. Pas udah mau pulang, tiba-tiba temenku ini nyodorin novel ini ke aku. Rupanya, dia beli itu buat dikasih ke aku (so sweet, ya!). Aku entah udah terbang kemana pas nerimanya. Surprised banget! Apalagi ini kado yang telat, jadi unexpected banget. Makin spesial, deh!

7. PARIS: ALINE by Prisca Primasari


Novel seri STPC pertama yang terbit dari Gagas, dan yang pertama kubaca juga. Ini juga novel kak Prisca yang pertama kali kubaca. Dari awal, aku udah tertarik sama novel ini (karna melirik testimoni #GagasAddict yang lain). Dan emang bener, novel ini BAGUS BANGET! Beda dari yang lain. Unik. Settingnya emang udah biasa, di Paris. Tapi kak Prisca bikinnya jadi lebih WOW. Dia pakai tempat-tempat yang jarang disebut. Belum lagi Sena yang OMG SO SWEET BANGET! Unik! Aku suka! Terus, yang nambah spesial, novel ini juga kado sweet 17th-ku dari adikku. So sweet, ya! Belum lagi desain layoutnya yang keren abis, terus covernya hijau, lagi!

8. TRUTH OR DARE by Winna Efendi dan Yoana Dianika


Ini novel GagasDuet yang pertama kali kubaca. Duetnya kak Winna dan Yoana Dianika, dua penulis favoritku. Novel ini hadiah dari Yes24. Jadi, ada sayembara resensi buku, ngeresensi buku yang ada di website Yes24. Yang menang boleh milih mau novel apa. Pertama kali ikut, aku langsung menang (yeah, lucky me!), dan aku milih novel ini. Novel ini nggak sesuai ekspektasiku, sih. Aku pikir bakal full of romance, tapi rupanya lebih ke friendship. But still, really touching. Dan karna yang nulis 2 orang, jadi unik. Keliatan banget perbedaan gaya menulis mereka, dan aku suka dua-duanya!

9. THE TRUTH ABOUT FOREVER by Orizuka


Aku baca novel ini sebelum novelnya dicetak ulang, jadi yang kupunya ini cover lama. Karna aku termasuk fans kak Ori yang baru, jadi novel-novel lama kak Ori itu udah termasuk langka, susah banget nyarinya. Biasanya cuma ada di online shop, dan kebanyakan udah second. Karna tergila-gila sama karyanya kak Ori, aku jadi pengen koleksi semua karyanya, walaupun udah langka – termasuk novel ini. Setelah sekian lama nyari, akhirnya dapat juga, beli dari online shop di Facebook. Tapi, novel ini ada dalam satu paket, nggak bisa beli satu doang. Saking pengennya, akhirnya aku rela beli satu paket (yang isinya hampir semua buku yang nggak kukenal). Mahal sih, second lagi, tapi demi novel ini, aku beli juga.

Beberapa minggu setelahnya, ada kabar kalau novel ini repackaged. Seneng sih, tapi jadi sedikit nyesel. Udah susah-susah nyari yang lama, rupanya mau dicetak ulang. Tapi ya, apa boleh buat. Terus, pas udah dicetul, kak Ori ngadain giveaway berhadiah novel ini berTTD. Aku iseng-iseng ikut, dan MENANG! Ini pertama kalinya aku dapat novel berTTD, dari penulis favoritku lagi! Jadinya, novelku yang ini double, cover lama dan cover baru. Keren sih, punya dua-duanya. Tapi karna ada satu temen baikku yang pengen punya novel ini juga, akhirnya aku kasih yang lama ke dia. Dan lucunya, ada beberapa kuis yang kumenangin dapat buku ini lagi (dua kali). Kayaknya novel ini suka banget sama aku. Dan aku bikin fan fiction novel ini buat kuis, dan menang. What a lucky charm! See my fan fiction here.

10. CINTA BRONTOSAURUS by Raditya Dika


Aku beli novel ini pas mau beliin kado buat temen. Temenku itu nggak sempet nonton filmnya, jadi kupikir, kasih novelnya aja. Aku udah nonton filmnya, dan jadi penasaran juga sama novelnya. Jadi, aku beli dua, deh – satu buat kado temen, satu buat aku. Ini novel komedi terbitan Gagas yang pertama kali kubaca, dan novel Gagas yang paling tipis dan paling murah juga. Kaget, awalnya, karna jarang banget novel dari Gagas setipis dan semurah ini. Rupanya, filmnya nggak sama persis (bahkan beda banget) dari novelnya, tapi aku tetap suka. Lucu. Aku jad ngefans sama kak Dika, deh. See my review here

(All book’s covers are from Goodreads)

Sebenarnya, milih 10 buku dari Gagas itu susah. Semuanya bagus. Tapi, yang di atas ini. kupilih karna tingkat kebagusan, keunikan, dan kenangannya. Kalau mau disebutin, semua novel Gagas termasuk pilihan. Apalagi novel-novelnya kak Ori dan kak Winna, duo penulis favoritku. Tapi, karna harus sepuluh, jadi ya, sudah.

No comments:

Post a Comment