Menu

Monday, 6 May 2013

[Book Review] Secret Admirer by Karizza Rakmavika


Judul Buku       : Secret Admirer
Pengarang         : Karizza Rakmavika
Penerbit           : Gagas Media
Jumlah Halaman : 196 halaman
My Rating          : 4 of 5

(Semua gambar cover, identitas buku, dan blurb dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)


BLURB

Dalam gelap, aku tak bisa melihat sebiru apa langit itu.

Aku terlalu nyaman dengan rahasia ini. Aku menyelipkan perasaanku di antara keseharianku. Aku memilih sendiri. Menyepi. Membenci diri yang tak bisa jujur padamu.

Sesungguhnya, aku tak tahan lagi. Semakin besar kurasa jarak di antara kita. Kau semakin sulit kuraih — dengan atau tanpa sunyi di bibirku ini. Dan aku mulai bosan dengan gelap. Jenuh dengan segala rahasia.

Karenanya, hari ini, kuputuskan untuk berterus terang padamu. Bertanya dengan segenap tetes keberanianku, “Maukah bersamaku menikmati birunya langit hari ini?”


THE AUTHOR

Karizza Rakmavika, atau yang akrab dipanggil Zsa-Zsa (Sasa), lahir pada tanggal 21 Oktober 1991. Saat ini, Sasa sedang menjalani semester terakhirnya sebagai mahasiswi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.
(Sumber: Website GagasMedia)


MY SUMMARY

Novel ini mengisahkan tentang Gaea, gadis cantik dan pintar yang nyaris sempurna, tapi sayangnya sikapnya yang dingin dan kurang pandai bergaul membuatnya terkesan angkuh, jadi dia nggak punya banyak teman. Suatu hari, Gaea disuruh gurunya untuk mengajari Thor, teman sekelasnya yang nilainya anjlok. Awalnya, Gaea keberatan, tapi mau nggak mau dia tetap menjalaninya.

Thor yang tampan dan menarik adalah bintang sekolah. Dia menjadi salah satu anggota dari B-Boy yang sedang naik daun. Entah mengapa, Gaea merasa tertarik dengan pemuda itu. Tapi, egonya membuatnya malu untuk mengakuinya. Karna suatu hal, hubungannya dengan Thor rusak. Itu semakin mempersulit Gaea untuk mendekati Thor. Akhirnya, dia memutuskan untuk mengagumi Thor secara diam-diam, alias menjadi secret admirer Thor. Tapi, rahasia lama kelamaan pasti akan terungkap, dan untungnya, menjadi akhir yang bahagia untuk mereka berdua.


MY COMMENTARY

Kisahnya sederhana, nggak terlalu spesial atau unik, jadinya gampang ditebak, tapi ceritanya yang ringan ini membuatnya sangat cocok untuk para remaja. Bahasanya juga mudah dicerna, hanya saja, percakapan sehari-hari antar tokohnya bisa dibilang terlalu baku dan kaku. Tokoh-tokoh remaja tentunya lebih sering menggunakan bahasa gaul yang ringan dan lebih familiar, sedangkan kak Sasa menyajikan dialognya dengan bahasa baku yang agak ganjil didengar (atau dibaca), jadinya rada susah bayangin chemistry antar tokoh.

Tokoh-tokoh yang dihadirkan, sih, lumayan unik, bagaiman sang tokoh utama, Gaea, seakan memiliki dua kepribadian. Dingin, tapi luluh juga ketika sedang jatuh cinta. Bukan masalah, karena kenyataannya manusia emang memiliki banyak sisi, nggak bisa terpatok pada satu kepribadian aja. Ini yang membuat tokohnya realistis dan hidup.

Sampulnya juga menarik, memberi kesan manis, berkat gambar permen warna-warni dan cokelat yang menghiasi sampulnya itu. Walaupun bukan favorit, masih masuk daftar rekomendasi, sih. Lumayan lah buat isi waktu luang, especially buat para remaja yang hobi naksir diam-diam (lol). Well done, kak. Keep writing!

No comments:

Post a Comment