Menu

Saturday, 25 January 2014

[Book Review] Summer Breeze by Orizuka


Judul Buku        : Summer Breeze
Pengarang          : Orizuka
Penerbit            : Puspa Swara
Jumlah Halaman : 216 halaman
My Rating          : 5 of 5

(Semua gambar cover, identitas buku, dan blurb dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)


BLURB

Reina, cewek cantik bak bidadari. Kedatangannya dari Amerika sungguh mengejutkan si kembar Ares dan Orion. Reina lah yang 10 tahun ini menjadi fantasi terindah si kembar.

Ares. Preman kampus. Banyak musuhnya bo! Skeptis dan emosional. Seumur hidup dicap bodoh oleh semua orang. Hubungan dengan ayahnya kian hari kian buruk. Bagi keluarganya, masa depan Ares gelap, segelap malam yang paling buta.

Orion. Bintang basket, penerima beasiswa, sekaligus cowok populer di kampus. Sifatnya berkebalikan 180° dari saudara kembarnya. Bagi keluarganya, masa depan Orion cerah, secerah matahari.

Reina sayang pada Ares dan Orion. Tapi cinta Reina hanya tersemat pada satu orang. Yup! Reina telah memilih, bahkan sudah sejak sepuluh tahun lalu... ketika mereka sama-sama membuat surat permohonan. Nggak nyangka... pilihan Reina malah membuatnya menangis. Wuahh... masalah? Of course!!! Reina bertahan? Let's see.


THE AUTHOR

Bernama lengkap Okke Rizka Septiana. Gadis penggemar thriller yang senang mempelajari berbagai bahasa asing ini lahir di Palembang dan besar di Cirebon. Selain menulis, di waktu luang ia gemar membaca, menonton, mendengarkan musik serta fangirling bersama Kpoppers. Karya-karyanya antara lain: "Me & My Prince Charming", "Summer Breeze" (repackage: That Summer Breeze), "Duhh... Susahnya Jatuh Cinta...!" (repackage: Meet The Sennas), "Miss J" (repackage: Call Me Miss J), "High School Paradise", "Fight for Love!", "Love United: High School Paradise 2nd Half", "The Truth about Forever", "17 Years of Love Song", "The Shaman", "FATE", "Our Story", "I for You", "With You", "Best Friends Forever", "The Chronicles of Audy: 4R", "Oppa and I", "Oppa and I: Love Missions", "Oppa and I: Love Signs", "Infinitely Yours". 
(Sumber: Website GagasMedia with a bit of modifications)


MY SUMMARY

"Summer Breeze" mengisahkan tentang sepasang saudara kembar yang kepribadiannya bertolak belakang. Orion yang sangat unggul hampir di segala bidang dan berkepribadian baik, dan Ares, preman kampus yang selalu tersisih dan hidup di bawah bayang-bayang Orion. Hidup mereka diwarnai oleh kebencian terhadap satu sama lain, serta persaingan dalam setiap aspek kehidupan mereka, termasuk cinta. Kepribadian mereka emang berbeda seratus delapan puluh derajat, tapi selera cinta mereka sama. Mereka sama-sama jatuh cinta pada sahabat masa kecil mereka, Reina. Reina menyayangi mereka berdua, tapi hanya satu yang dia pilih, dan dia udah memutuskannya sejak awal. Nggak ada yang dapat mengubah keputusannya itu. Ada alasan di balik keputusan tersebut, seperti adanya alasan di balik kepribadian Ares yang keras.

Saudara tetaplah saudara. Kita nggak bisa membenci keluarga kita sendiri, apapun yang terjadi. Walaupun udah dibangun tembok yang sangat tinggi di antara mereka berdua, tapi untunglah Reina sanggup meruntuhkannya sebelum terlambat. Walaupun nggak berakhir manis, setidaknya nggak ada penyesalan yang tertinggal. 


MY COMMENTARY

Novel ini benar-benar menakjubkan. Bukan hanya kisah percintaan remaja biasa, tapi juga membahas masalah keluarga dan persahabatan. Ada banyak moral lessons yang disampaikan kak Ori - entang arti cinta, persahabatan, dan juga keluarga. Kak Ori menyajikan konflik yang kompleks dan menarik, dengan penyelesaian yang nggak terduga, membuat alurnya semakin menarik. Ada rahasia di balik rahasia, yang terungkap satu per satu, membuatku nggak sabar untuk membalik halaman berikutnya.

Setiap tokoh yang diciptakan memiliki kepribadian, ciri fisik, dan masa lalu masing-masing, membuat mereka begitu hidup dan nyata, serta menarikku untuk mengenal mereka lebih dalam. Chemistry yang terbentuk antar tokoh juga kuat dan nyata. Hubungan kakak-adik, orangtua-anak, antar sahabat, hubungan dengan musuh, maupun hubungan sepasang kekasih. Selain itu, bahasa yang digunakan sangat sederhana dan komunikatif, jadi aku nggak kesulitan menangkap maksud kak Ori. Novel ini nggak tebal, jadi dapat diselesaikan dengan cepat untuk mengisi waktu luang. Ending-nya sedih, sih, tapi itu yang bikin makin menarik, kan?

Sampulnya yang ramai terlihat menarik, dengan gambar seorang gadis yang berdiri di tengah dua pemuda. Reina di tengah Ares dan Orion. Cinta segitiga, cocok sama topiknya, walaupun bukan itu ide utamanya. Judulnya juga terdengar menarik, menyimpan makna tersendiri, yang membuat pembaca bertanya-tanya tentang apa novel ini.

Novel ini telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2008 dan dicetak ulang dengan judul "That Summer Breeze". Plotnya yang menarik emang pantas untuk difilmkan dan pantas juga dicetak ulang, bagus banget, sih! Sayangnya, aku belum nonton filmnya. Semoga sebagus novelnya, deh! Novel ini bukan teenlit biasa, karna membahas permasalahan manusia yang umum, jadi cocok sama siapa aja, so yeah, I recommend this to everyone! Go read it, you won't regret it! Way to go, kak. You're amazing. Keep writing!

2 comments:

  1. My fav novel from Orizuka sebelum ada Audy4R wkwk waktu Audy4R keluar, itu yang jadi the most favorit ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah visit n comment :D

      Wah, kalo novel kak Ori sih, aku gak bs milih favku yang mana :p Tapi iya, ini n Audy 4R kece :3

      Delete